Followers- Jalinan Ukhuwah

Friday, April 5, 2013

Umrah 2013: Mengapa Perlu ke Sini?


Foto: Menyampaikan tausiyah kepada jamaah di dewan hotel Mubarak Silver, Madinah. 
RINDU BAITULLAH: Mengapa perlu ke sini?

Alhamdulilah, program Umrah Kelab Haji Muda berjalan dengan lancar dari 20 Mac hingga 3 April 2013.  Sepanjang wisata rohani selama dua minggu ini,  masa jamaah diisi dengan  kuliah, tazkirah, ibadah  persendirian, khatam Qur’an, ziarah, lawatan dan  sembang-sembang ilmiah  pelengkap umrah dan ditutup dengan  kenduri kesyukuran.
Tahap kesabaran dan  teamwork jamaah juga sangat tinggi, sesuatu yang saya kagum.  Kesungguhan untuk meningkatkan diri amat ketara.  Itulah dia ‘Zon Spa Hati’ yang telah saya sentuh dalam buku Rindu Baitullah.
Setiap insan pasti merindukan tanah suci, khususnya  Ka’bah di tanah haram Makkah. Kerinduan ini lebih mantap dengan berjiran tetangga dengan Rasululah s.a.w dan para sahabat di bumi Madinah.
Mengapa kita perlu ke sini?  Ringkasnya, Umrah sendiri memiliki beberapa keutamaan.

1.    Umrah adalah jihad sebagaimana ibadah haji.
‘Aisyah berkata,
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ ».

Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Baginda  shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.”
                                       (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).


 2.    Menghapus dosa di antara dua umrah.
Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.”
                           (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)


3.   Umrah menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa.

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.”
                                                                             (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387.
                                                                                             Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)


Tiga bentuk kemuliaan ini sudah cukup untuk kita fikirkan faedahnya.  

Ketika kami tiba di Mekah, jamaah umrah kelihatan ramai. Tempat saie agak padat walaupun jam menyentuh 2 pagi.  Lautan manusia ini mengambarkan kesedaran dan keinginan sang hamba untuk mendambakan cinta kepada ALLAH. 

Moga ibadah jamaah KHM dan semua muslimin-muslimat diterima dan peroleh umrah maqbullah.

1 comment:

Anonymous said...

Some professional lines include Joico Haircare and Strivectin.
Many communities hold Earth Day celebrations that offer members of the community to participate in activities to benefit the
neighborhood and also fun activities for children
and adults. There are several beauty product distribution agencies all across the world and to ensure fair competition each one of them caters to a particular region and to a particular type of distribution channels.


Feel free to surf to my blog post: http://nky.ac.th